Jumat, 01 Mei 2015

HUBUNGAN DURASI, FREKUENSI DAN POSISI PENGGUNAAN SERTA UKURAN LAPTOP DENGAN KELUHAN MUSKULOSKELETAL PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA




Novita Dwi Kurniasari*, Siti Hani Istiqomah**, Lilik Hendrarini**

* JKL Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Jl.Tatabumi 3, Banyuraden, Gamping, Sleman, DIY 55293
email: hidayatinur27@yahoo.co.id
**JKL Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

Abstract

Students of Educational Informatics Engineering of State University of Yogyakarta have frequen-cy and duration of laptop use that is higher than students from other departments have. Laptop use which does not properly fit with ergonomical standards may lead to specific adverse health impacts. The purpose of this study was to determine the relationship between duration, frequen-cy, laptop size, and position of laptop use and the musculoskeletal complaints among those stu-dents. The research method was survey with cross sectional approach. The research sample was 86 students from semester IV and VI who were selected by accidental and purposive sam-pling techniques. The data were collected by using a questionnaire and furthermore were analy-sed with chi-square and contingency coefficient at 95 % level of confidence. The results show that only 7,0 % respondents used laptop in low-duration, only 1,1 % used laptop in low-frequen-cy, only 3,5 % used large sized laptop, and only 9,3 % used laptop with good position. There were 45,3 % of respondents who had moderate musculoskeletal complaints. Parts of the body which were most complained are neck, shoulders, and waist meanwhile the least ones are el-bows and arms. From the statistical analyses it is identified that laptop use position has the strongest relationship with the disorders (contigency coefficient = 0,348 and p-value = 0,064). It is advised that information regarding with the correct use of the laptop and the impact of the un-ergonomical laptop use have to be socialized among the students in order to avoid them from unwanted health problems risk.

Keywords : laptop use duration, laptop use frequency, laptop size, laptop use position                
                    musculosketal disorders

Intisari

Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika di UNY memiliki frekuensi dan durasi penggunaan laptop yang lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa jurusan lain. Penggunaan laptop yang tidak sesuai dengan standar ergonomi menimbulkan gangguan kesehatan tertentu. Tujuan pe-nelitian ini untuk mengetahui hubungan durasi penggunaan, frekuensi penggunaan, ukuran lap-top, dan posisi penggunaan laptop dengan keluhan muskuloskeletal pada mahasiswa di jurusan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan cross sectional dengan sampel penelitian adalah 86 mahasiswa semester IV dan VI yang dipilih dengan teknik accidental purposive sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan selanjutnya dianalisis dengan uji chi-square dan koefisien kontingensi pada derajat kepercayaan 95 %. Hasil pene-litian menunjukkan hanya 7,0 % responden yang menggunakan laptop dalam durasi rendah, hanya 1,1 % yang menggunakan laptop dengan frekuensi rendah, hanya 3,5 % yang meng-gunakan laptop dengan ukuran besar, dan hanya 9,3 % yang menggunakan laptop dengan po-sisi yang baik. Ada 45,3 % responden yang mengeluh mengalami gangguan muskuloskeletal sedang, dan bagian tubuh yang paling banyak dikeluhkan adalah leher, bahu dan pinggang, se-mentara yang paling sedikit dikeluhkan adalah bagian siku dan lengan tangan. Dari hasil analisis statistik diketahui bahwa posisi penggunaan laptop adalah yang paling kuat hubungannya (koe-fisien kontingensi =  0,349 dan p = 0,064) dengan keluhan tersebut. Disarankan agar informasi mengenai penggunaan laptop yang benar serta dampak akibat dari penggunaan yang tidak ergonomis perlu disosialisasikan agar para mahasiswa terhindar dari risiko gangguan kesehatan yang tidak diinginkan.

Kata Kunci : durasi penggunaan laptop, frekuensi penggunaan laptop, ukuran latop,
                      posisi penggunaan laptop, keluhan muskuloskeletal

Sanitasi, Jurnal Kesehatan Lingkungan, Vol.6, No.4, Mei 2015, Hal 165 - 175

Tidak ada komentar: