Sanitasi, Jurnal Kesehatan
Lingkungan, Vol.5, No.3, Februari 2014, Hal 140 - 150
PENGARUH PENERAPAN
UKURAN HURUF ERGONOMIS
PADA PAPAN TULIS
TERHADAP KELELAHAN VISUAL
DAN KELELAHAN
INTELEKTUAL SISWA SEKOLAH DASAR “X”
DI SLEMAN TAHUN 2013
Afifah Nurlaila Desi Wijayanti*, Muryoto**, Rizki Amalia**
* JKL Poltekkes Kemenkes
Yogyakarta, Jl. Tatabumi 3, Gamping, Sleman, DIY 55293
email: afifahnurlaila19@gmail.com
** JKL Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
| 
Abstract 
The rate of incidence due to visual
  impairment in children is very high. Meanwhile, educational facilities and
  infrastructures which are not ergonomic can be one of the triggers of the
  onset of visual fatigue and intellectual fatigue among students. The size of
  letters written on chalkboards in the classrooms should be adjusted to
  students who sit farthest. Based on a preliminary survey conducted in
  Elementary School “X” in Sleman, it was found that 7,2 % of students have
  already worn glasses, and 7 out of 10 of normal eye students were complaining
  some things related with eye tiredness. The study was aimed to know the influence
  of the application of ergonomical size letters on the chalkboard toward the visual
  fatigue and intellectual fatigue among students of Ele-mentary School “X” by
  conducting a true experiment which followed pre-test post-test with control
  group design. From all grade IV and V students of the school, 80 were sampled
  randomly as the respondents and then they were divided equally into two
  groups as the treatment and control ones. Fifteen minutes prior to and after a
  35 minutes duration learning activities, all respondents filled in the
  questionnaire of visual fatigue and Bourdon Wiersma test. In the treatment
  group, students were asked to read script written on the chalkboard by using
  ergonomic letters; mean-while in the control group, the written letter were
  followed the usual size used by the teachers. The study data which were analysed
  by independent t-test at 95 % significancy level, showed results that students
  in the treatment group had significantly lower visual and intellectual fatigue,
  com-pared with those of students in the control group (all p values
  <0 3="" advised="" are="" chalkboards="" change="" cm.="" elementary="" habit="" help="" in="" learning="" letters="" minimal="" of="" process="" school="" size="" span="" students="" teachers="" the="" their="" to="" with="" writing="">0> 
Keywords : ergonomic font size, visual fatigue, intellectual
  fatigue 
Intisari 
Angka kesakitan akibat gangguan penglihatan pada anak
  sangat tinggi. Sementara itu, sarana dan prasarana belajar yang tidak
  ergonomis dapat
  menjadi salah satu pemicu bagi terjadinya ke-lelahan visual dan kelelahan
  intelektual pada siswa. Besar kecilnya ukuran huruf yang ditulis di papan
  tulis di ruang kelas harus disesuaikan dengan jarak baca siswa yang duduk
  terjauh. Ber-dasarkan hasil survey pendahuluan di SD “X” di Sleman, ada 7,2 %
  siswa yang telah meng-gunakan kaca mata, dan 7 dari 10 siswa yang matanya
  normal mengeluhkan beberapa hal yang terkait dengan kelelahan mata. Penelitian
  ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan ukuran huruf yang
  ergonomis pada papan tulis terhadap kelelahan visual dan kelelahan intelek-tual
  siswa di SD tersebut dengan melakukan penelitian true experiment dengan pendekatan pre-test
  post-test with control group design. Dari seluruh siswa kelas IV dan V, diambil 80 orang sebagai sampel dengan
  metoda random
  sampling dan selanjutnya dibagi menjadi dua kelompok yang sama besar sebagai
  kelompok perlakuan dan kontrol. Lima belas menit sebelum dan se-sudah proses
  belajar yang durasinya 35 menit, semua siswa responden mengisi kuesioner
  kelelahan visual dan Bourdon Wiersma test. Pada kelompok perlakuan, siswa selanjutnya
  diminta untuk membaca tulisan di papan tulis dengan huruf ergonomis,
  sedangkan pada kelompok kontrol, ukuran huruf adalah yang biasa dituliskan
  oleh guru. Dengan uji statistik t-test bebas pada derajat kepercayaan 95 %,
  hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa
  pada kelompok perlakuan memiliki tingkat kelelahan visual dan tingkat kelelahan intelektual yang secara
  bermakna lebih rendah dibandingkan dengan siswa pada kelompok kontrol (semua
  nilai p lebih kecil dari 0,001). Untuk membantu siswa dalam belajar, kepada
  para guru yang mengajar di SD ”X” disarankan untuk mengubah kebiasaan menulis
  di papan tulis dengan besar huruf minimal 3,75 cm.  
Kata
  Kunci
  : ukuran huruf ergonomis, kelelahan visual, kelelahan intelektual | 
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar