Sanitasi, Jurnal Kesehatan
Lingkungan, Vol.5, No.3, Februari 2014, Hal 140 - 150
PENGARUH PENERAPAN
UKURAN HURUF ERGONOMIS
PADA PAPAN TULIS
TERHADAP KELELAHAN VISUAL
DAN KELELAHAN
INTELEKTUAL SISWA SEKOLAH DASAR “X”
DI SLEMAN TAHUN 2013
Afifah Nurlaila Desi Wijayanti*, Muryoto**, Rizki Amalia**
* JKL Poltekkes Kemenkes
Yogyakarta, Jl. Tatabumi 3, Gamping, Sleman, DIY 55293
email: afifahnurlaila19@gmail.com
** JKL Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
Abstract
The rate of incidence due to visual
impairment in children is very high. Meanwhile, educational facilities and
infrastructures which are not ergonomic can be one of the triggers of the
onset of visual fatigue and intellectual fatigue among students. The size of
letters written on chalkboards in the classrooms should be adjusted to
students who sit farthest. Based on a preliminary survey conducted in
Elementary School “X” in Sleman, it was found that 7,2 % of students have
already worn glasses, and 7 out of 10 of normal eye students were complaining
some things related with eye tiredness. The study was aimed to know the influence
of the application of ergonomical size letters on the chalkboard toward the visual
fatigue and intellectual fatigue among students of Ele-mentary School “X” by
conducting a true experiment which followed pre-test post-test with control
group design. From all grade IV and V students of the school, 80 were sampled
randomly as the respondents and then they were divided equally into two
groups as the treatment and control ones. Fifteen minutes prior to and after a
35 minutes duration learning activities, all respondents filled in the
questionnaire of visual fatigue and Bourdon Wiersma test. In the treatment
group, students were asked to read script written on the chalkboard by using
ergonomic letters; mean-while in the control group, the written letter were
followed the usual size used by the teachers. The study data which were analysed
by independent t-test at 95 % significancy level, showed results that students
in the treatment group had significantly lower visual and intellectual fatigue,
com-pared with those of students in the control group (all p values
<0 3="" advised="" are="" chalkboards="" change="" cm.="" elementary="" habit="" help="" in="" learning="" letters="" minimal="" of="" process="" school="" size="" span="" students="" teachers="" the="" their="" to="" with="" writing="">0>
Keywords : ergonomic font size, visual fatigue, intellectual
fatigue
Intisari
Angka kesakitan akibat gangguan penglihatan pada anak
sangat tinggi. Sementara itu, sarana dan prasarana belajar yang tidak
ergonomis dapat
menjadi salah satu pemicu bagi terjadinya ke-lelahan visual dan kelelahan
intelektual pada siswa. Besar kecilnya ukuran huruf yang ditulis di papan
tulis di ruang kelas harus disesuaikan dengan jarak baca siswa yang duduk
terjauh. Ber-dasarkan hasil survey pendahuluan di SD “X” di Sleman, ada 7,2 %
siswa yang telah meng-gunakan kaca mata, dan 7 dari 10 siswa yang matanya
normal mengeluhkan beberapa hal yang terkait dengan kelelahan mata. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan ukuran huruf yang
ergonomis pada papan tulis terhadap kelelahan visual dan kelelahan intelek-tual
siswa di SD tersebut dengan melakukan penelitian true experiment dengan pendekatan pre-test
post-test with control group design. Dari seluruh siswa kelas IV dan V, diambil 80 orang sebagai sampel dengan
metoda random
sampling dan selanjutnya dibagi menjadi dua kelompok yang sama besar sebagai
kelompok perlakuan dan kontrol. Lima belas menit sebelum dan se-sudah proses
belajar yang durasinya 35 menit, semua siswa responden mengisi kuesioner
kelelahan visual dan Bourdon Wiersma test. Pada kelompok perlakuan, siswa selanjutnya
diminta untuk membaca tulisan di papan tulis dengan huruf ergonomis,
sedangkan pada kelompok kontrol, ukuran huruf adalah yang biasa dituliskan
oleh guru. Dengan uji statistik t-test bebas pada derajat kepercayaan 95 %,
hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa
pada kelompok perlakuan memiliki tingkat kelelahan visual dan tingkat kelelahan intelektual yang secara
bermakna lebih rendah dibandingkan dengan siswa pada kelompok kontrol (semua
nilai p lebih kecil dari 0,001). Untuk membantu siswa dalam belajar, kepada
para guru yang mengajar di SD ”X” disarankan untuk mengubah kebiasaan menulis
di papan tulis dengan besar huruf minimal 3,75 cm.
Kata
Kunci
: ukuran huruf ergonomis, kelelahan visual, kelelahan intelektual
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar