Minggu, 07 Desember 2014

PENGARUH PENERAPAN UKURAN HURUF ERGONOMIS PADA PAPAN TULIS TERHADAP KELELAHAN VISUAL DAN KELELAHAN INTELEKTUAL SISWA SEKOLAH DASAR “X” DI SLEMAN TAHUN 2013



Sanitasi, Jurnal Kesehatan Lingkungan, Vol.5, No.3, Februari 2014, Hal 140 - 150


PENGARUH PENERAPAN UKURAN HURUF ERGONOMIS
PADA PAPAN TULIS TERHADAP KELELAHAN VISUAL
DAN KELELAHAN INTELEKTUAL SISWA SEKOLAH DASAR “X”
DI SLEMAN TAHUN 2013

Afifah Nurlaila Desi Wijayanti*, Muryoto**, Rizki Amalia**

* JKL Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Jl. Tatabumi 3, Gamping, Sleman, DIY 55293
email: afifahnurlaila19@gmail.com
** JKL Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

Abstract

The rate of incidence due to visual impairment in children is very high. Meanwhile, educational facilities and infrastructures which are not ergonomic can be one of the triggers of the onset of visual fatigue and intellectual fatigue among students. The size of letters written on chalkboards in the classrooms should be adjusted to students who sit farthest. Based on a preliminary survey conducted in Elementary School “X” in Sleman, it was found that 7,2 % of students have already worn glasses, and 7 out of 10 of normal eye students were complaining some things related with eye tiredness. The study was aimed to know the influence of the application of ergonomical size letters on the chalkboard toward the visual fatigue and intellectual fatigue among students of Ele-mentary School “X” by conducting a true experiment which followed pre-test post-test with control group design. From all grade IV and V students of the school, 80 were sampled randomly as the respondents and then they were divided equally into two groups as the treatment and control ones. Fifteen minutes prior to and after a 35 minutes duration learning activities, all respondents filled in the questionnaire of visual fatigue and Bourdon Wiersma test. In the treatment group, students were asked to read script written on the chalkboard by using ergonomic letters; mean-while in the control group, the written letter were followed the usual size used by the teachers. The study data which were analysed by independent t-test at 95 % significancy level, showed results that students in the treatment group had significantly lower visual and intellectual fatigue, com-pared with those of students in the control group (all p values <0 3="" advised="" are="" chalkboards="" change="" cm.="" elementary="" habit="" help="" in="" learning="" letters="" minimal="" of="" process="" school="" size="" span="" students="" teachers="" the="" their="" to="" with="" writing="">

Keywords : ergonomic font size, visual fatigue, intellectual fatigue

Intisari

Angka kesakitan akibat gangguan penglihatan pada anak sangat tinggi. Sementara itu, sarana dan prasarana belajar yang tidak ergonomis dapat menjadi salah satu pemicu bagi terjadinya ke-lelahan visual dan kelelahan intelektual pada siswa. Besar kecilnya ukuran huruf yang ditulis di papan tulis di ruang kelas harus disesuaikan dengan jarak baca siswa yang duduk terjauh. Ber-dasarkan hasil survey pendahuluan di SD “X” di Sleman, ada 7,2 % siswa yang telah meng-gunakan kaca mata, dan 7 dari 10 siswa yang matanya normal mengeluhkan beberapa hal yang terkait dengan kelelahan mata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan ukuran huruf yang ergonomis pada papan tulis terhadap kelelahan visual dan kelelahan intelek-tual siswa di SD tersebut dengan melakukan penelitian true experiment dengan pendekatan pre-test post-test with control group design. Dari seluruh siswa kelas IV dan V, diambil 80 orang sebagai sampel dengan metoda random sampling dan selanjutnya dibagi menjadi dua kelompok yang sama besar sebagai kelompok perlakuan dan kontrol. Lima belas menit sebelum dan se-sudah proses belajar yang durasinya 35 menit, semua siswa responden mengisi kuesioner kelelahan visual dan Bourdon Wiersma test. Pada kelompok perlakuan, siswa selanjutnya diminta untuk membaca tulisan di papan tulis dengan huruf ergonomis, sedangkan pada kelompok kontrol, ukuran huruf adalah yang biasa dituliskan oleh guru. Dengan uji statistik t-test bebas pada derajat kepercayaan 95 %, hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada kelompok perlakuan memiliki tingkat kelelahan visual dan tingkat kelelahan intelektual yang secara bermakna lebih rendah dibandingkan dengan siswa pada kelompok kontrol (semua nilai p lebih kecil dari 0,001). Untuk membantu siswa dalam belajar, kepada para guru yang mengajar di SD ”X” disarankan untuk mengubah kebiasaan menulis di papan tulis dengan besar huruf minimal 3,75 cm.

Kata Kunci : ukuran huruf ergonomis, kelelahan visual, kelelahan intelektual
 

Tidak ada komentar: